7 Cara efektif dalam Berkomunikasi




Berikut adalah 7 cara efektif dalam berkomunikasi :
1.      HINDARI KESAN MEMAKSA
Ketika kita berkomunikasi hindari kalimat : “Kamu Harus .....” Sebaiknya kalimat tersebut diganti dengan “Sebaiknya kamu ....” atau “Maukah kamu ....”
2.      FOKUS KEPADA SOLUSI BUKAN MASALAH
Ketika berkomunikasi fokuslah kepada suatu hal yang menjadi solusi bukan masalah. Contoh : Ketika makanan dirumah habis, tidaklah efektif jika kita berkata “Aduh lapar banget ...” Dan lebih baik kita berkata “Yuuk, beli makanan diluar...”
3.      UBAH “Kata TIDAK BISA menjadi BISA”
Ketika kita diminta untuk mengadakan pertemuan, lebih baik anda mengatakan   “Kita bisa mengadakan pertemuan minggu depan” daripada berkata “Kita tidak bisa ketemuan sampai ketemuan”. Walaupun kedua kalimat tersebut memiliki arti yang sama tetapi mempunyai estetika yang berbeda.

4.      AMBIL TANGGUNGJAWAB dan JANGAN MENYALAHKAN
Hindari Kalimat “Ini Bukan salahku” kalimat tersebut sebaiknya diganti dengan kalimat “Apa yang bisa saya lakukan untuk memperbaikinya?”

5.      KATAKAN APA YANG ANDA INGINKAN Bukan YANG TIDAK ANDA INGINKAN
Jika anda tidak menginginkan seseorang untuk menyetir ngebut dijalan, lebih baiknya anda berkata “Tolong bawa mobilnya hati-hati” daripada anda berkata “Jangan bawa mobilnya terlalu kencang”

6.      FOKUS PADA MASA DEPAN Bukan MASA LALU
Jika ada kesalahan yang telah dilakukan oleh teman anda, anda tidak boleh berkata “Sudah saya bilang sebelumnya....” dan lebih baik diganti dengan kata “Mulai sekarang kita.... “

7.      BAGIKAN INFORMASI BUKAN ARGUMEN
Hindari kalimat “Tidak, kamu salah...” kalimat tersebut sebaiknya diganti dengan “Saya ingin seperti ini...”

0 Response to "7 Cara efektif dalam Berkomunikasi"

Posting Komentar

powered by Blogger | WordPress by Newwpthemes | Converted by BloggerTheme